search

Thursday, January 22, 2009

Stimulus Fiskal Bisa Sedot Jutaan Tenaga Kerja

Dari Kontan.co.id
Stimulus yang berjumlah 27 Trilyun akan membuka lapangan kerja baru s/d 3 jt, tapi area mana dan dimana,can we grab it? ......

JAKARTA. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Soeparno mengatakan, pemerintah optimis program pemberian stimulus fiskal dapat menyerap banyak tenaga kerja.

Lewat pelaksanaan program stimulus fiskal pula diharapkan mampu menyerap tenaga kerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). "Stimulus fiskal akan menambah penyerapan tenaga kerja. Karena itu saya prediksi 2009 akan ada penyerapan tenaga kerja 2,6 juta orang sampai 3 juta orang," ujar Erman, Selasa (21/1).

Menurutnya, penyerapan tenaga kerja pada tahun ini bakal jauh lebih besar dibanding tahun lalu. Dimana pada 2008 penyerapan tenaga kerja hanya sebanyak 2,2 juta orang.

Menurut Erman, bila industri yang sedianya gulung tikar karena dampak krisis keuangan global dapat di bantu maka program pemerintah dalam memangkas jumlah pengangguran dapat berjalan baik. Dimana jumlah pengangguran saat ini 8,39% atau 9,39 juta orang.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan, program pemberian stimulus fiskal tidak cukup untuk menyukseskan program penyerapan tenaga kerja. "Stimulus fiskal memang baik tapi sebaiknya pemerintah juga harus mendorong konsumsi masyarakat dan menghilangkan ekonomi biaya tinggi," ujar dia.

Makanya, sambung Sofjan, bila kedua hal ini belum dibenahi oleh pemerintah termasuk pemerintah daerah maka penyerapan tenaga kerja pada 2009 tidak bakal berjalan baik.

No comments: