search

Sunday, October 26, 2008

Pengalaman menggunakan Ubuntu 8.10.

Entah karena pakai internet ADSL, pengalaman mengupdate kalaupun relatif lama tapi hasilnya cukup baik dan tidak ribet, sehingga lebih mudah dan nyaman.
Multimedia seperti video format mp4, flv, mpeg dan avi (juga lainnya) yang perlu menambahkan aplikasi seperti 'Xine' baru bisa menampilkan video dengan baik Caranya sambungkan ke internet bisa dengan ADSL atau dengan HP sebagai modem, buka 'Terminal' (Application > Accessories > Terminal') ketikan 'sudo su' > masukan password 'root' anda, kemudian ketikan
'apt-get install xine-ui' biarkan sampai selesai (tandanya muncul prompt '#' lagi.
ADSL dikonfigurasi oleh petugas Telkom (modemnya), di PC cukup IP address diset 'dynamic'.
Jika pakai HP sebagai modem sangat simple kalau pakai Nokia, hubungkan kabel usb pilih 'PC Suite' di HP, kemudian di PC/Laptop klik kanan 'Icon' Network (sebelah tanggal dan suara) pilih “Edit Connection' > 'Mobile Broadband' > “Add' > Forward > Pilih Country Indonesia dan pilih sesuai kartu GSM > Forward > Apply
kemudian klik 'Edit' nama koneksi tadi dan isikan APN, user name dan password sesuai provider GSM dan klik OK.

Settingan:
IM3
APN:www.indosat-m3.net atau indosatgprs
username:grps
password:123

Mentari
APN:satelindogprs.com atau indosatgprs
username:indosat atau indosat@durasi
password:indosat atau indosat@durasi

telkomsel
APN:internet atau telkomsel
username:wap
password:wap123

Jika sudah selesai klik 'Close'. Untuk memulai koneksi klik 'Icon' Network dan pilih koneksi yang tadi dibuat, jika settingan telah tepat hanya perlu seekitar 5 detik untuk tersambung ke internet atau lebih cepat dari ADSL yang jika sedang ramai digunakan dapat mencapai 1 jam untuk koneksi saja.

Gunakan Internet dengan bijak, caranya selepas subuh sampai jam 8 pagi dimana orang masih tertidur Anda dapat merasakan pengalaman internet tercepat dan tentunya tidak perlu berlama-lama untuk download file sebesar 250 MB cukup sekitar 40 menit saja.

Untuk menambah program yang lain dapat menggunakan 'Application'> 'Add/Remove' dan pilih program sesuai kebutuhan atau yang ingin Anda coba, semaikin banyak semakin besar dan lama koneksi yang diperlukan.

Menggunakan koneksi internet pengalaman saya jauh lebih baik dibanding menggunakan CD/DVD dari majalah karena masalah 'depedency' Linux dan versi terbaru dari kernel yang mungkin tidak sesuai benar antara versi yang digunakan dan yang di CD/DVD, hal ini akan tetap error alias tidak jalan, ini akan dicari otomatis jika menggunakan internet dan enaknya lagi jika belum selesai dapat di'resume' kapan saja.

Browsing Internet di Ubuntu Linux umumnya menggunakan 'Firefox' dan perlu install 'flash player plugin' (otomatis dengan koneksi internet). Saya mencoba 'Crossover dari Chromium' buatan Google tapi banyak bug yang belum kelar sehingga tidak nyaman (ingat versi Windowsnya saja masih Beta dan belum ada release resmi untuk Linux, ' lesser bug' sih).

Pengalaman migrasi dari Windows akan lengkap jika bisa menggunakan pengolah kata, data, presentasi dan database (ini sudah tersedia lengkap di Linux hanya perlu membiasakan diri). Multimedia sudah lengkap; video, mp3, movie editor dengan adanya 'Xine' dan 'Kino', yang belum bisa 'TV Tuner Uli M9205' external/USB. Internet dengan HP sebagai modem sukses di versi 8.10 ini apalagi ADSL, justru yang lucu saya belum bisa pakai 'telkomnet instan' pakai Linux pakai GPPP dialer gagal terus.

Programing yang lagi belajar pakainya gimana lagi 'Qt' yang katanya mirip VB di MS Windows.

Adajuga software buat yang main saham namanya QtStalker cukup lengkap.
Dan coba gonta-ganti Themes juga X-Windows-nya seperti XCFE, KDE dan lainnya (lupa lagi), dulu-dulu malah jadi rusak.
Juga cara uninstall program yang belum bersih, yang lalu sampai format ulang Linux-nya. Ya masih banyak yang dipelajari, deh.

No comments: