search

Thursday, October 23, 2008

Saham 23 Oktober.

Kejatuhan saham masih berlanjut dini hari ini (siang di USA) raport merah alias bearish masih berlanjut. Sinyal negatif umumnya direspon negatif lagi oleh bursa regional Asia. Very bad bearish signal!...stil continue.

Lebih jauh lagi nilai asset (baca=duit simpanan dalam bentuk saham) jatuh tambah dalam, akan dilanjutkan dengan mengalihkan uang ke bank yang pasti berbunga dan mengakibatkan saham tambah hancur-ancuran.

Perangkat auto reject buat saham yang jatuh perlu dan harus, kalau enggak index di bawah seceng (1000) seperti jaman krismon tahun 1998 akan terulang lagi dengan sangat cepat dan panic everywhere!

para analis pada bulan-bulan Agustus-September sudah menyarankan mengoleksi saham pada saat itu, analisa tetap analisa yang terjadi saham masih bertumbangan dari index di atas 2000 ke ceng go (1500) dan terus ke 1300-an Oktober ini. Sekarang ini perjudian tentu semakin sengit dan sulit, nekad berarti akan terkoreksi, namun jangka panjang tetap akan naik (walau entah kapan?). Berkali-kali hal seperti ini terjadi di dunia di mana banyak perang dan resesi tapi optimis harus tetap ada. Sabar dan sabar untuk menunggu singal bullish.

Jenis usaha yang langsung dengan konsumen perlu dilirik seperti tahun 2000 awal dengan maraknya kafe tenda. Sekarang ini usaha apa yang sedang bagus perlu liahat pasar langsung lagi dan resiko tetap di tangan masing-masing! jangan lelah berusaha...

No comments: