search

Thursday, November 13, 2008

Sambilan

Demi tidak seumur-umur jadi orang gajian, banyak dari kawan-kawan di kantor telah mulai usaha sampingan yang masih dipegang 100% sendiri. Susah dapat orang yang dipercaya dapat menjalankan usaha dan memegang uang.
Saya ada kawan yang waktu krisis 1998 mulai ikut nimbrung dan sangat jujur untuk ukuran saya tentunya. Giat dan cuek juga sangat sederhana usahanyapun sangat sederhana pemikirannya juga. Tapi jangan tanya kerja keras,tekad dan kemauannya memajukan sesama.
Yang dia rintis sekarang adalah menghasilkan dan menjual toge langsung. Sangat simple tapi mencoba memberdayakan pengangguran di sekitarnya. Andai pemuda banyak seperti dia, angka pengangguran bisa ditekan dengan ide-ide sederhana.
Dia dan saya mempunyai hobby jualan (termasuk ide) hal-hal yang sederhana yang dilupakan orang mapan (gajian). Tahun depan dampak krisis akan mulai terasa di Indonesia! Pabrik mobil, sepatu, semen, pakaian mulai kehilangan pasar Internasional.
Pasar dalamnegeri juga akan mulai sedikit terkena imbasnya. Angka pengangguran dan PHK akan banyak. Di Thailand pabrik semen sudah mulai berhenti berproduksi, di China industri mobil mulai merumahkan karyawannya karena mengurangi produksi.
Bukan menakuti tapi bersiaplah dampak krisis ini sudah di depan mata. Carilah peluang sampingan! Yang akan terasa adalah daya beli masyarakat yang menurun tajam.

No comments: